Musim Hijrah (?) #selfreminder


Wkwkwkwk judulnya... Hijrak kok musiman? Ntar kalau udah gak berbuah lagi habis dong musimnya, terus ganti lagiii? Hmmm... nggak nggak, itu cuman buat buah-buahan yaang shaayy.😂

Sebelum kita membahas lebih dalam lagi, kita perlu taukan Hijrah ini apa yaahh?
Bagi kaum muslim-muslimin pas denger kata "Hijrah" bakal langsung nyantol pikirannya ke Kisah Nabi besar kita Muhammad Shalallaahu 'Alayhi Wasallam yaitu tentang perjalanan hijrah beliau untuk menyiarkan Agama Islam, dengan berpindah dari Makkah ke Madinah. Jadi singkat cerita, hijrah ini adalah perpindahan/berpindah untuk mencapai suatu tujuan yang baik.

Lalu bagaimana kita memaknai hijrah dikehidupan manusia saat sekarang ini?
Hijrah saat sekarang ini mungkin nggak selalu dikaitkan lagi dengan berpindahnya kita dari Kota A ke Kota B, tapii lebih sederhananya adalah kita berpindah dari hidup yang dahulu ke kehidupan yang sekarang, tentunya yang jauh lebih baik. (sumber : google, wikipedia, dan pendapat sendiri)

Cerita sedikit tentang kata “Hijrah” ini yaa...
Pada suatu gerombolan mahasiswa, tiba-tiba ada yang lagi ngomongin masalah ini dalam bahasa daerah kami (Minang), tapii dia nggak tauu namanya apaa. Terus tiba-tiba nanya ke aku yang kebetulan nggak jauh dari perkumpulan mereka... (Di translate yaah..)
“Eh.. In In apa itu namanya yang lagi trend sekarang?”
“Apaan?”
“Itu yang cewek-cewek berubah, dulunya gini terus berubah sekarang jadi lebih baik gitu.”
“Trend jaman sekarang? Berubah jadi lebih baik? Hijrah maksudnya?”
“Nahhhh...iyoo ituu!! Hijrah.”
Terus dia lanjutin lagi pembicaraannya sama temen yang lainnya.

Tiba-tiba aku mikir sama kata-kata yang dia ucapin tadi. Jadi menurut orang-orang Hijrah itu trend? Yaa walaupun cuman satu orang siih yang baru aku denger ngomong kek gitu secara frontal, kalau dipikir-pikir yang lain juga ada ngomong kayak gitu, cuman bahasanya lebih halus kwkwkwk. Dan aku sempet membandingkan dengan fakta-fakta yang ada jaman sekarang. Iya siih banyak orang diluaran sana yang hijrah mulai dari temen-temen sekitar sampai artis-artis pun, yaa mungkin dari sana dia berpendapat itu adalah trend jaman sekarang.

Pertanyaannya lagi. Emang pantes hijrah ini jadi sebuah trend atau musiman belaka?
Gimana menurut kamu? Iyaa kamuu yang lagi baca ini. Hmm kamuu... Hihihii

Menurut aku yaahh. Ini mah pendapat pribadi aku aja dari hasil baca-baca dan pengalaman yang cuman segelintir. Kalau dijaman yang sekarang ini banyak yang udah mulai hijrah, itu bagus banget. Coba bayangin betapa damainya dunia ini, karena Hadhahuu deen a salaam (Inilah Islam agama perdamaian).  Tapi yang namanya berubah dari titik tidak baik ke yang lebih baik lagi, nggak ada yang instan, semuanya butuh proses. Ini bukan alasan klasik sih, proses itu penting karena aku percaya segala sesuatu yang didapatkan secara instan yang kayak bimsalabim jadi gitu nggak ada yang bertahan lama atau bahkan kurang baik. Karena pelajaran yang maksimal kita dapat itu dari sebuah proses, kalau kita bisa petik hikmah dari semuanya pasti lebih banyak ilmu lagi dan pengalaman yang menarik lagi. Buat masak mie instant aja yang katanya “instant”  harus ada proses yang dilalui biar dia matang, pelajarannya apa? Yaa kita harus hati-hati biar nggak kena api kompor, air panas, dan pelajaran pentingnya lagii gak boleh makan mie instant sering-sering karena ada dampak buruknya ditubuh kita. Naahh loooh...

Apa iyaa hijrah jaman sekarang itu cuman trend dan musiman?
Hmm aku sih nggak sependapat. Menurut aku dunia jaman sekarang ini yang ngajarin banyak hal untuk kita bisa lebih sadar sama agama sendiri, dan akses pun buat menjangkau ilmu-ilmu seputar kebaikan islam pun gampang didapet. Jadi disitulah Allah Subhanahu Wa Ta’ala berperan mengetuk pintu hati seseorang yang mau Allah berikah hidayah, atau bahkan orang itu sendiri yang menjemput hidayah-Nya.
Masalah musimannya, yaa jangan disebut musim hijrah laahh. Karena musim kayak sesuatu yang bisa berganti-ganti gitu, gak permanen. Kan harapannya kebaikan ini mengalir sepanjang masa. Mungkin aja hal ini berawal dari satu orang yang sadar terus ngikut temennya yang satu, satu lagi, satu lagi, dan terus berantai, mungkin aja mereka yang sedang hijrah lagi mengamalkan dakwah yang diperintahkan oleh Allah dan Rasul-Nya.
Yang terpenting adalah bagaimana sikap kita dalam mendukung suatu kebaikan yang orang lain lakukan, jangan terlalu cepat men-judge orang lain, yang padahal akar permasalahannya aja kita gak tau kenapa dia bisa jagi begini. Ya khaannn?

Buat kamu yang lagi berhijrah, tetap semangat yaah!! Nggak ada proses hijrah yang mulus-mulus aja. Coba deh liat kisah Nabi Muhammad kita dalam hijrah, berat kaann? Yang kita dapat sekarang maah nggak sebanding sama proses hijrah Nabi, jadi nggak usah merasa paling berat. Kalau niatnya bener, apa aja insyaAllah jadi enteng, enjoy, dan woles aja.

Astaghfirullah...
Astaghfirullah...
Astaghfirullah...

Silahkan berkomentar yang positif, hindari perdebatan, dan semua ini aku tulis khusus untuk diri sendiri yang masih jauh dari kata baik. Dibilang hijrah pun belom, karena masih banyak kurang. InsyaAllah berproses...

Saatnya warnai hidup kamu dengan warna indah yang kamu punya!!!

#selfreminder #yudadababay 

Comments